GAME ONLINE

PENGARUH GAME ONLINE






PENGERTIAN GAME ONLINE
   Game online adalah permainan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Arti game online dalam bahasa Indonesia adalah permainan daring.

 SEJARAH GAME ONLINE
   Game Online ternyata memiliki sejarah yang panjang hingga bisa menjadi secanggih dan seseru sekarang ini.

Jadi awalnya game online ini dibuat untuk dua pemain yang tujuannya pun untuk pendidikan. Permainan daring dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan.

Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online, di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer games).


DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GAME ONLINE
  
DAMPAK POSITIF

 1.  Menghilangkan Kepenatan
 2. Dapat memberi rasa rileks dan mengendurkan urat saraf dari kesibukan rutin atau kecapekan setelah        bekerja.
 3. Melatih kemampuan untuk memusatkan perhatian dan konsentrasi pemainnya.
 4  Melatih memecahkan masalah dengan mempergunakan analisa.
 5. Melatih kemampuan untuk mengatur sistematis kerja untuk mencapai tujuan.
 6. Mengembangkan kecepatan reaksi dan persepsi audio visual.
 7. Tidak membuat orang gampang putus asa.
 8. Melatih mengembangkan kesabaran dan ketekunan.
 9  Melatih mengembangkan imajinasi dan kreativitas berpikir secara lebih luas.
10.  Membentuk rasa percaya diri.

DAMPAK NEGATIF

1. Dapat menurunkan Kesehatan pemain.
2. Menimbulkan Kemalasan dan tindakan kriminal
3. Dapat membuat pemainnya lupa waktu, lupa belajar, lupa tugas dan tanggung jawab.
4. Dapat membuat pemainnya tidak produktif karena waktunya habis dipergunakan untuk bermain              game online
5. Dapat meningkatkan sikap agresivitas pemainnya, karena pengaruh aksi-aksi kekerasan yang terbiasa disaksikannya.
6. Dapat menyebabkan anti sosial, karena keranjingan main game online.
7. Dapat menyebabkan ketegangan emosional antara orang tua dengan anak yang kecanduan.


 SARAN
1. Penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan mengukur bagaimana pengaruh kecanduan game online terhadap komunikasi interpersonal pecandu game online sebagai studi kuantitatif.
2. Kecanduan game online akan berdampak buruk bagi diri seseorang sehingga pemain game online harus lebih bisa mengatur waktu agar tidak terlalu larut pada permainan yang akhirnya menyebabkan kecanduan.
3. Perlu adanya pengawasaan yang lebih terorganisir dari orang tua agar dapat mencegah kecanduan game online pada anak mereka.
4. Perlu adanya pengawasan resmi dari pemerintah untuk pengelola/penyewa jasa internet dan game online.








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aulia Fernanda. S Tugas Evaluasi Pembelajaran